Jumat, 17 Oktober 2014

Soal Gerak Harmonik Sederhana



  1. Sebuah benda bergerak harmonik  dengan amplitudo A. Tentukan nilai simpangan pada saat kecepatannya setengah kecepatan maksimumnya. 
  2.   Sebuah benda diikat pada ujung suatu pegas dan amplitude A. Pada saat simpangan 0,5 A, tentukan besar energi kinetiknya.
  3. Sebuah benda mengalami getaran selaras dengan amplitudo 40 cm. Jika pada simpangan terjauh energi potensial nya 10 Joule. Hitung energi potensial pada simpangan 20 cm 
  4.  Sebuah pegas digantungkan vertikal. Kemudian ujung bawahnya diberi beban 100 gram sehingga panjangnya bertambah 10 cm. Beban ditarik ke bawah kemudian di lepas hingga beban bergerak harmonik, Hitung frekuensi getaran pegas tersebut.
  5. Benda bergetar selaras sederhana pada pegas dengan gaya 80 N/m. Amplitudo getaran tersebut 20 cm dan kecepatan maksimumnya sebesar 4 m/s. hitung massa benda tersebut.
  6.  Sebuah titik materi melakukan getaran harmonik sederhana dengan amplitudo A. Pada saat simpangan 1/2 A. Tentukan fase getarannya pada titik seimbang.  
  7.   Sebuah partikel bermassa m melakukan gerak harmonik sederhana dengan frekuensi 50 Hz dan amplitude 4 cm. Bila pada saat sudut fasenya  π/6 radian, energi potensialnya 32 Joule. Hitung massa benda tersebut.  
  8.  Sebuah partikel melakukan getaran selaras dengan frekuensi  10 Hz dan amplitudo 20 cm. Tentukan kecepatan partikel saat simpangannya 10 cm. 
  9.  Sebuah partikel bermassa 100 gram diikatkan pada sebuah pegas dan mengalami gerak harmonik. Besarnya amplitudo 8 cm dan periodenya 16 cm. Hitung besar energi mekaniknya.
  10.   Sebuah benda bermassa 200 gram bergetar harmonik dengan periode 0,2 sekon dan amplitudo 30 cm. Tentukan :
    a.       Energi mekaniknya
    b.      Simpangan saat energi kinetik sama dengan energi potensial
     
     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar