Selasa, 26 Agustus 2014

Soal Latihan Fisika - Gerak Parabola



1. Satu peluru ditembakkan dengan kecepatan 100 m/s dan membentuk sudut 37° terhadap arah mendatar. Tentukan:
a. waktu untuk mencapai titik tertinggi,
b. tinggi maksimum yang dicapai peluru,
c. jarak mendatar maksimum yang dicapai peluru, dan
d. kecepatan peluru setelah 2 sekon.         
2. Posisi peluru yang ditembakkan di atas bidang datar dengan sudut elevasi tertentu dinyatakan oleh persamaan r = [120t i + (160t – 5t2)j]m. Apabila I dan j menyatakan vektor satuan dalam arah x dan y, serta t dalam sekon. Tentukan:
a. kecepatan awal peluru,
b. sudut elevasi tembakan,
c. kecepatan peluru di titik tertinggi,
d. jarak mendatar maksimum tembakan, dan
e. tinggi maksimum yang dicapai peluru.
3. Dua buah benda dilemparkan dengan kecepatan awal sama besar dan sudut elevasi berbeda, yaitu 30° dan 60°. Jika g = 10 m/s2, tentukanlah perbandingan:
a. tinggi maksimum yang dicapai kedua benda;
b. jarak mendatar terjauh yang dicapai kedua benda.
4. Ucok melemparkan bola ke atas dengan kecepatan awal 40 m/s dan sudut elevasi 30°. Hitung waktu bola selama melayang di udara.
5. Sebuah peluru ditembakkan dengan kecepatan awal 20 m/s dari puncak menara setinggi 400 m dengan arah membentuk sudut 30° terhadap garis mendatar. Hitung tinggi peluru tersebut apabila dihitung dari dasar menara.
6. Apabila besar sudut antara arah horizontal dan arah tembak suatu peluru adalah 53°, perbandingan antara jarak tembak terjauh dalam arah mendatar dengan tinggi maksimum peluru.
7. Sebuah pesawat tempur F-16 menukik ke bawah dengan sudut 37° terhadap arah horizontal dan melepaskan bom dari ketinggian 730 m di atas tanah. Lima sekon kemudian, bom tiba di tanah. Jika besar g = 10 m/s2, berapakah:
a. laju pesawat tempur saat melepas bom, dan
b. jarak mendatar yang ditempuh bom hingga bom tersebut tiba di tanah.

 8.  Suatu peluru ditembakkan dengan kecepatan awal 20 m/s dan sudut elevasi 30o. Berapa kedudukan peluru setelah 1 detik? kedudu-kan awal = (0, 0) 

 9. Sebuah bom dijatuhkan dari pesawat yang sedang terbang mendatar dengan kecepatan 100 m/s dan ketinggian 100 m. Bila percepatan gravitasi 10 m/s2 , tentukan vektor posisi setelah 3 detik. 
10  Sebuah peluru ditembakkan dengan kecepatan awal 100 m/s dengan sudut elevasi α ( tan α = 4/3)  , g = 10m/s2 . Hitung kecepatan peluru di titik puncak lintasannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar